.

.

Sisemba' - Toraja'n Kick Fighting

Sisemba’ – Toraja’n Kick Fighting
Toraja'n Kick Fighting  ( sumber foto : PORTAL SOLATA )
Sisemba’ adalah Tradisi permainan rakyat orang Toraja yang biasanya dilakukan setelah usai panen padi. Dikatakan permainan rakyat oleh karena yang ikut serta dalam permainan ini adalah mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Dan apabila ada peserta yang cidera bahkan meninggal dunia maka tak seorangpun yang bisa dimintai pertanggungjawaban. Jika ada yang sampai meninggal dunia, maka kematiannya dianggap mati sia-sia atau dalam istilah orang Toraja ; “Mate na lese tedong” (mati karena di injak kerbau).
Untuk mengurangi resiko cidera atau kematian peserta Sisembak, maka pada setiap acara Sisemba’ ini, selalu ada orang yang bertindak sebagai tukang Lerai jika situasinya sudah sangat membahayakan peserta Sisemba’.
Selain dari adanya orang yang bertindak sebagai Pelerai, permainan Sisemba’ ini juga mengenal beberapa aturan antara lain:
  1. Peserta yang ikut permainan Sisemba’ harus berpasangan  ( 2 orang yang harus berpegangan satu dengan yang lain )
  2. Lawan yang sudah terduduk atau sudah terjatuh, tidak boleh di serang.
  3. Tidak boleh ada demdam setelah acara permainan selesai.
Permainan Sisemba’ diawali dengan peserta dari anak-anak terlebih dulu, tak lama kemudian peserta remaja turun gelanggang, peserta anak-anak menyingkir. Setelah adrenalin peserta dewasa tidak lagi dapat dibendung, maka saat itulah para peserta dewasa mengambil alih gelanggang.
Satu hal yang juga perlu diketahui dalam permainan Sisemba’ ini adalah pesertanya selalu membludak. Kalau dilihat permainan ini cenderung brutal akan tetapi tidak banyak diantara para pesertanya yang mengalami cidera parah bahkan sampai meninggal. Kejadian seperti itu jelas pernah terjadi, tapi jarang.
Untuk dapat menjadi petarung tangguh dalam acara Sisemba’ ini dibutuhkan tidak hanya kekuatan Fisik dan kelincahan gerak namun sebuah perisai diri yang orang Toraja menyebutnya dengan nama Panimbolo’.

Panimbolo’ adalah sebuah mantra-mantra yang banyak macam cara dan bentuknya, yang dimiliki ataupun diberikan oleh orang-orang tua kepada seseorang yang akan ikut permainan Sisemba’. Panimbolo’ ini akan menyebabkan seseorang tidak akan merasa kesakititan apabila mendapat tendangan. Namun tidak semua peserta menggunakan Panimbolo’ dan hanya mengandalkan kekuatan fisik semata.

Video Sisemba' di situs Youtube yang wajib untuk ditonton:

1. wall of death + sisemba' 1   ( video by dud-dee Amoudi )
  www.youtube.com/watch?v=JTCWA0tqX0M

2. Kick Fighting in Tanah Toraja, Sulawesi, Indonesia ( video by Spotted Frog Pruductions )
    www.youtube.com/watch?v=1fKFpP7ucow

3. Mass Kick Fighting in Toraja - Indonesia  ( video by dud-dee Amoudi )
    www.youtube.com/watch?v=2agmu3f5lgE

4. SISEMBA 2015 VOL.01 (video by Andik Panelo)
    https://www.youtube.com/watch?v=GNDeEQh3WCU

0 Response to "Sisemba' - Toraja'n Kick Fighting"