.

.

Batutumonga laksana negeri di atas awan

Batutumonga negeri di atas awan  (sumber foto KOMPAS.com)
Batutumonga adalah salah satu Objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Toraja. Letaknya di lereng gunung Sesean sebelah Utara dengan jarak sekitar 22 km dari Rantepao ibukota Kabupaten Toraja Utara.

Batutumonga banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun turis mancanegara oleh karena keindahan pemandangan alamnya. Ditambah lagi dengan udaranya yang cukup dingin dan tentu saja bebas polusi. Itulah sebabnya banyak diantara mereka yang sengaja menginap di Batutumonga karena di sana terdapat beberapa Homestay dan Restaurant.

Dalam perjalanan menuju ke Batutumonga di sisi kiri kanan jalan kita bisa melihat petak-petak sawah yang tersusun bagai anak tangga mengikuti kemiringan lereng bukit. Diantara petak-petak sawah tersebut banyak bermunculan batu-batu berwarnah hitam dengan aneka macam ukuran.

Penduduk setempat menyebut batu-batu yang bermunculan tersebut Batu Tumonga. Dari situasi inilah maka daerah tersebut dinamai Batutumonga.

Selain pemandangan hamparan petak-petak sawah, mata kita juga akan disejukkan dengan dengan hijaunya dedaunan pohon bambu yang banyak tumbuh di lembah dan di puncak-puncak bukit. Kemudian tak ketinggalan kita juga dapat menyaksikan rumah adat Toraja baik yang berada di sisi jalan yang kita lewati maupun yang letaknya nun jauh di bawah lembah maupun di atas bukit.

Di Batutumonga ada beberapa lokasi dimana kita dapat menyaksikan selain hamparan sawah, rimbunnya pohon-pohon bambu dan rumah adat Toraja, kita juga bisa sekaligus menyaksikan kota Rantepao. Sungguh suatu pemandangan yang sangat indah.

Namun sensasi keindahannya belum berhenti sampai di situ. Jika kita beruntung..., entah itu pada waktu pagi hari, sore hari atau bahkan pada jam 12.00 siang sekalipun dan kebetulan saat itu laksana berdiri di suatu negeri yang berada di atas awan.
cuaca lagi mendung. Maka kabut akan bergerak perlahan mendekat, udara dingin jelas mulai terasa, awan putih berlombah menutupi pemandangan yang ada di depan kita. Maka saat itulah kita akan merasakan sensasi yang luar biasa.

video tentang Batutumonga
-TORAJALAND - BATUTUMONGA (video Gary Tator)
  https://www.youtube.com/watch?v=-OmCEkL4lGMhttps://www.youtube.com/watch?v=-OmCEkL4lGM




1 Response to "Batutumonga laksana negeri di atas awan"


  1. Generally I don't learn article on blogs, however I wish to say that this write-up very pressured me to take a look at and do so! Your writing style has been amazed me. Thank you, very nice article. itunes login

    ReplyDelete