.

.

Buffalo Fighting

Buffalo Fighting dalam bahasa Toraja disebut Ma' Pasilaga Tedong. Acara ini di Toraja dilakukan pada saat sedang dalam melaksanakan ritual Rambu Solo'. Biasanya dilakukan pada saat sebelum penyembelian kerbau. Selain jadi hiburan tontonan gratis bagi masyarakat, juga sebagaai alat pergaulan bagi orang-orang yang datang mengikuti acara Rambu Solo'.

Apabila seekor kerbau  berhasil memenangkan pertarungan, maka kerbau tersebut tidak akan disembeli dan akan digantikan dengan kerbau lain. Selain itu kerbau yang sering memenangkan pertarungan, harganya akan jadi mahal.

Kerbau-kerbau yang sering juara ini akan dirawat dengan sangat baik dan tentu oleh pemiliknya harus diberi nama. Di Toraja pemberian nama kepada kerbau tidak mengenal aturan. Mulai dari nama binatang (komodo), nama selebriti (Dorce), nama pesepak bola (Suares) hingga nama presiden Jokowi ada.

Saat ini Ma' Pasilaga Tedong di Toraja tidak hanya dilaksanakan pada saat ada acara Rambu Solo', akan tetapi sudah sering dilakukan di luar acara tersebut atas kesepakatan pemilik kedua pasang kerbau yang akan bertarung.

Kerbau Petarung Toraja dengan nama Jokowi (foto: PORTAL TORAJA)

Video Buffalo Fighting yang oleh pengunggahnya ke Youtube diberi judul :

1. tedong silaga  ( video by dud-dee Armoudi )
www.youtube.com/watch?v=LJn-ETdZxfE&spfreload=1

2. Dorce vs Komodo Puma part 2  ( video by Adri Patiung )
  www.youtube.com/watch?v=zCXc8HDOK7c

3. Wonderful Toraja: Nama nama Unik Kerbau di Toraja (Wonderful Toraja)
   https://www.youtube.com/watch?v=WbfaHGpn0Jg

0 Response to "Buffalo Fighting"