.

.

Patung Kerbau Saleko

Kerbau Saleko adalah kerbau yang hanya terdapat di daerah Toraja, itupun jumlahnya tidak banyak. Kulitnya berwarna merah jambu dengan bulu warna putih dan dibeberapa bagian tubuh lainnya terdapat corak kulit dan bulu yang berwarna hitam.

Harga kerbau Saleko ada pada kisaran Rantusan Juta rupiah. Yang menentukan mahal tidaknya seekor kerbau Saleko antara lain: corak kulit / bulunya, bentuk tanduknya, warna mata dan lain sebagainya.

Di Toraja kerbau Saleko dengan harga yang biasanya bisa mencapai lebih dari Rp.500 juta, hanya dipersiapkan untuk dikorbankan pada upcara Adat Rambu Solo'.

Bagi pemilik kerbau yang akan dan telah mengorbankan kerbaunya pada acara Adat Rambu Solo' kebanyakan mengabadikan kerbau yang dikorbankan tersebut dalam bentuk Patung dengan skala perbandingan 1 : 1.

Untuk mewujudkan keinginan pemilik kerbau yang ingin memesan patung Kerbau tidaklah sulit, karena di Toraja ada seorang seniman patung yaitu Frans Sarira.

Keinginan untuk memesan patung Kerbau tidak hanya datang dari warga Toraja, namun juga datang dari Pemerintah Kota Madya Makassar. Patung Kerbau yang dipesan Pemkot Makassar sebagaimana terlihat pada foto di bawah ini diletakkan di pelataran Anjungan Pantai Losari.

Video tentang Kerbau Saleko
- On The Spot - Kerbau Tedong Saleko - Toraja Senilai 1 Milyar
  https://www.youtube.com/watch?v=hH0_uWJassc

- Adu Kerbau di Toraja  -  Saleko VS Lotong Boko'  (video by Kanan Karua)
  https://www.youtube.com/watch?v=K7buLJF2xGo

Patung Kerbau Frans Sarira
Patung Kerbau Saleko di Anjungan Pantai Losari
Patung Kerbau Saleko Frans Sarira
Patung Kerbau Saleko Toraja
Patung Kerbau Saleko Frans Sarira
Patung Kerbau Saleko dalam proses penempatan di Anjungan Pantai Losari
Patung Kerbau Saleko Frans Sarira
Patung Kerbau Saleko didatangkan langsung dari Toraja



0 Response to "Patung Kerbau Saleko"